Powered By Blogger

05 Juli 2007

PEMIMPIN & PIMPINAN

Menjadi seorang pemimpin tidaklah harus menjadi pimpinan, namun sebaliknya seorang pimpinan dituntut agar dapat memiliki jiwa kepemimpinan.
Tidak banyak di negeri ini pimpinan yang sekaligus memiliki figur pemimpin yang baik.

Apakah seorang pimpinan yang tidak berani mengambil sebuah kebijakan yang sifatnya punishment dapat dikatakan sebagai seorang pemimpin?
Menurut saya : Tidak !!
Seorang pimpinan harus berani mengambil keputusan dengan berbagai resiko, selama keputusan yang diambil mempunyai dasar-dasar yang kuat dan dapat dipertangungjawabkan, sebaliknya pimpinan juga harus memberikan suatu kebijakan yang sifatnya reward selama sesorang mampu memberikan atau menyumbangkan sesuatu yang terbaik bagi organisasi yang dipimpinnya.

Biacara mengenai "reward & punishment", keduanya mempunyai cakupan yang luas. Namun secara singkat, keduanya menggambarkan sesuatu yang dapat diberikan kepada pegawai sesuai dengan performance/kinerjanya. Semakin baik kinerja pegawai, maka semakin besar reward yang dapat diberikan. Reward dapat saja berupa bonus, insentif, kenaikan gaji dan atau promosi. Demikian juga sebaliknya, semakin kurang baik kinerja seorang pegawai maka semakin besar punishment yang diterima, misalnya bonus/insentif yang lebih kecil, tidak adanya promosi atau bahkan demosi (lawan dari promosi).


Tidak ada komentar: